blog

Cara Dapat Uang dari Blog, Coba Sekarang!!

Blog– Mencari uang di era teknologi sekarang ini dapat dikatakan lebih mudah. Kita hanya dituntut untuk berkreasi dan tidak segan-segan menyalurkan hobi dan bakat apapun. Sebab teknologi memudahkan kita untuk memperkenalkan hasil karya kita kepada orang lain.

Karena saat ini, masyarakat seolah tidak dapat dipisahkan dari smartphone dan jaringan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari jual beli barang secara online, belajar atau belajar secara online, bahkan mencari pengalaman pun bisa dilakukan secara online.

Nah, dari perubahan gaya hidup ini, kamu dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Untuk Kamu yang suka menulis atau mengulas sesuatu, Kamu juga dapat menghasilkan uang melalui website yang kontennya bisa Anda buat sendiri.

Namun terkadang, meskipun Anda memiliki ketertarikan pada dunia menulis, Anda sering dihadapkan pada kesulitan menemukan ide yang ingin Anda masukkan ke dalam website Anda. Minimnya pengalaman dan kemampuan teknis, seringkali menghantui blogger pemula.

Bingung mencari kartu kredit terbaik? Cermati punya solusinya!

Jadi, Bagaimana Mulai Menghasilkan Uang Melalui Blog?

Pertanyaan ini cukup umum untuk website pemula. Untuk itu, beberapa hal yang harus Anda lakukan antara lain:

1. Mulai Membuat Blog

Hal pertama yang harus dilakukan ialah memulai dengan apa yang ingin Anda lakukan. Kewajiban utama menjadi seorang blogger tentunya memiliki platform website untuk bisa menghasilkan konten yang bermanfaat.

Seringkali hal ini membuat sebagian orang terkendala karena tidak memiliki kemampuan teknis dalam menggunakan platform website. Sebenarnya banyak sekali tutorial membuat website di internet, dari yang gratis sampai yang berbayar.

2. Pilih Platform Blog

Pilih platform website yang mau Kamu gunakan untuk mengunggah konten Anda. Beberapa platform itu antara lain WordPress, Blogspot, dan lain sebagainya. Setiap platform mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Untuk Kamu yang suka mengutak-atik kode HTML, Kamu dapat menggunakan blogspot karena menawarkan kustomisasi tata letak gratis. Sedangkan sebagai blogger pemula, Kamu dapat menggunakan platform WordPress.

Beberapa keunggulan WordPress antara lain menawarkan akses gratis, mudah digunakan, aktivitas aman, dan Kamu bebas memilih tema website sesuai kebutuhan.

3. Buat Nama Domain Blog

Setelah Anda memilih platform website yang ingin digunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain atau alamat blog, agar website Anda memiliki rumah online. Tips membuat domain website adalah pastikan nama domain website anda jelas dan sesuai dengan konten website yang anda desain.

Selanjutnya, setelah Kamu menentukan nama domain website Anda, Kamu bisa mengonfigurasi blog tersebut. Secara umum wordpress tampilkan menu yang lebih kompleks dari blogspot.

Namun, dengan menu yang kompleks ini, Anda juga dapat menambahkan Search Engine Optimizer (SEO) Optimizer dan konfigurasi SEO untuk setiap artikel yang Anda buat menggunakan tagar atau kata kunci.

4. Buat Blog Semenarik Mungkin

Setelah Anda mengonfigurasi website, Anda dapat mengubah desain website agar lebih menarik bagi pembaca. Pilih desain yang sesuai dengan konten blog Anda. Untuk mengubah tema website Anda, Anda dapat memanfaatkan banyak tutorial yang tersedia di internet.

Sedangkan untuk pilihan tema, Anda bisa menggunakan tema gratis hingga berbayar. Salah satu tips yang perlu Anda perhatikan, jangan ragu untuk menggunakan tema berbayar karena lebih bersahabat dengan mesin pencari seperti Google, dan bersahabat dengan browser seluler hingga desktop.

5. Hasilkan Konten yang Berguna dan Menarik

Lalu Kamu bisa mulai menulis konten website yang bermanfaat dan menarik. Sangat mudah ditemukan dan bermanfaat bagi banyak orang. Pada prinsipnya, konten blog yang menarik adalah website yang menginspirasi, menghibur, memecahkan masalah, dan mampu ubah gaya hidup pembaca menjadi lebih baik.

Satu hal yang harus Anda hindari adalah menggunakan konten yang dijiplak, atau menyebarkan informasi palsu. Tidak ada salahnya melakukan riset atau mengumpulkan bahan-bahan yang bisa Anda gunakan sebagai tema untuk menulis atau mereview artikel website.

Dari Mana Sumber Penghasilan Blog Itu?

Setelah selesai membuat dan membangun website, baik secara konten maupun pembacanya, selanjutnya adalah Kamu harus mengenal beberapa sumber penghasilan blog. Lalu, dari mana sumber penghasilan dari blog?

1. Pendapatan dari Iklan

Salah satu penghasilan yang bersumber dari website pada umumnya berasal dari iklan yang Kamu pasang. Prinsipnya itu sama seperti Koran ataupun majalah yang menjual kolom iklan.

Semakin tinggi traffic website yang Kamu miliki, semakin mahal pula bayaran ruang iklan di website Anda. Salah satu tips yang perlu Kamu jalankan adalah dengan memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic website Anda.

2. Pendapatan dari Afiliasi

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging merupakan menjadikan konten yang Anda tulis untuk arahkan pembaca membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain. Kalau Kamu beruntung dan seseorang mengikuti tautan atau link yang Anda tulis dan melakukan pembelian terhadap tulisan Anda.

Biasanya, akan ada komisi sesuai kesepakatan dari antara kedua belah pihak. Kalau Kamu mempunyai pembaca yang setia, kemungkinan pembaca website Anda akan mengikuti rekomendasi yang telah Anda buat sangat besar.

3. Mengadakan event

Mengadakan event bagi para blogger pemula tidak harus dalam skala besar. Untuk Kamu yang sudah mempunyai pembaca setia, Anda bisa mengundang pembaca ke dalam event Anda dan menerapkan tarif.

Dari sinilah Kamu bisa dapatkan pemasukan.Untuk Kamu yang belum pernah membuat event sendiri, Anda bisa memulainya dengan event pertemuan antar blogger, maupun pembaca dalam skala yang kecil terlebih dahulu. Selain mendapatkan income dari tarif tiket, Kamu pun dapat mencari sponsor event yang Anda buat tersebut.

4. Recurring Income

Nah, yang dimaksud recurring income merupakan dengan cara menerapkan keanggotaan program atau loyalty programm. Itu artinya untuk member tertentu, mereka dapat mengakses konten premium yang tidak di dapatkan oleh anggota regular atau yang tidak berbayar.

5. Jasa atau layanan

Selain memasang iklan, blog yang Kamu miliki pun dapat digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan. Contohnya jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, sampai layanan-layanan lain yang sifatnya freelance.

Lebih mudahnya Anda tidak akan mendapatkan potongan kalau client langsung menghubungi Kamu. Berbeda halnya kalau Kamu menjadi freelancer menggunakan pihak ketiga.

6. Produk

Produk-produk yang umumnya di jual oleh website merupakan berupa buku maupun barang-barang yang sifatnya tidak terlalu jauh dari kegiatan blogging. Produk buku tentunya memang tergolong cukup memakan waktu, lantaran harus dipikirkan secara matang.

Akan tetapi keuntungannya kalau Kamu memasarkan sendiri melalui website pribadi Anda, buku yang Anda jual tak akan dikenakan margin. Tidak seperti kalau Kamu menjual buku melalui sistem konsinyasi di toko buku.

Baca Juga : Cek 5 Aplikasi Penghasil Uang Yang Bikin Untung

Leave a Reply

Your email address will not be published.